Kebakaran Hutan Di Gunung Batur Kintamani Bangli

  • 27 September 2012
KEBAKARAN HUTAN DI GUNUNG BATUR KINTAMANI BANGLI

HASIL PEMANTAUAN BLH KABUPATEN BANGLI TERKAIT KEBAKARAN HUTAN DI SEKITAR GUNUNG BATUR  25 S/D 27 SEPTEMBER 2012

KRONOLOGI KEBAKARAN DI GUNUNG BATUR

 

  1. Wilayah hutan yang terbakar ada dihutan bukit payang gunung batur, hutan tersebut merupakan hutan wisata seluas 2075 Hektar dimana dalam pembagian pengawasan termasuk wilayah RTK 7 bukit payang gunung batur.

-            Luas hutan yang terbakar kurang lebih 50 Hektar  dengan lokasi kurang lebih 400 m dari kepundan (2) gunung batur

-            Pada areal hutan tersebut hanya ditumbuhi rumput bagas

-            Luas hutan produksi yang terbakar kurang lebih 2 hektar yang ditumbuhi oleh pohon pinus dan semak belukar

 

  1. Asal mula terjadinya kebakaran

1.         Pada tanggal 25 September 2012 pukul 15.00 wita terlihat kepulan asap di arel hutan wisata pada saat itu pula ketua KPRH Penelokan Wayan Ngayor beserta 140 warga masyarakat Yeh Mampeh serempak naik gunung untuk memadamkan api. Oleh karena medan dan lahan sangat rentan api maka petugas dan masyarakat mengalami kesulitan karena kepulan api secara total. Namun dengan kesiapan petugas beserta aparat pemerintah api dapat ditekan untuk menjalar kearea hutan produksi yang mana dihutan tersebut ditumbuhi pepohonan.

2.         Sumber api diperkirakan berasal dari lubang kepundan (2) gunung batur dimana diarea gunung tersebut terdapat sisa letusan Tahun 1963. api diperkirakan dari letusan aktif bebatuan dari lubang kepundan (2) gunung batur.

3.         Dari hasil penelitian KRPH Penelokan bersama aparat pemerintah termasuk Satgana PMI tidak ada sumber api oleh karena kelalaian manusia seperti pencari lebah madu atau pencari kayu baker yang merokok atau merangsang sumber api. Sehingga kesimpulan dari ketia KRPH, kepolisian dan aparat Pemerintah terkait sumber api berasal dari letusan batu panas dari lubang kupundan (2) Gunung Batur yang jatuh sekitar 400 m dibawah lubang Kepundan (2).

4.         Pda tanggal 27 September 2012 hutan produksi juga ikut terbakar oleh jalaran api dari hutan wisata serta petugas mampu memadamkan api dihutan produksi pada tanggal 27 September 2012 Pukul 10.00 Wita. Namun walaupun api sudah dapat dipadamkan namun wilayah hutan gunung batur masih dalam pengawasan pemerintah maupun masyarakat.

 

Ka.Bid.Pengendalian Dampak Lingkungan

BLH. Kabupaten Bangli,

             ttd.

IGN. Laksana, ST, M.Kes.

  • 27 September 2012

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita